Perawatan Sistem Operasi PC

| 9 Feb 2014
Pada posting yang lalu kita membahas troubleshooting PC disitu saya hanya membahas perangkat kerasnya saja/hardwere, nahh.. kali ini saya ingin memberi tips cara perawatan SO pada PC, yaa karena merawat lebih mudah daripada memperbaiki bukan..hhe langsung aja caranya ada dibawah ini :

  • Manajemen file dan folder
Anda memiliki banyak alasan untuk menjaga file dan folder pada hard disk Anda agar tetap terorganisir. Pertama, akan lebih mudah untuk melakukan “bersih-bersih rumah” atau menghapus file yang tidak lagi diperlukan. Kedua, menjaga file data di folder sangat baik untuk mengurangi risiko bahwa Anda secara tidak sengaja menghapus program penting atau file data. Akhirnya, hard drive yang terorganisasi dengan baik lebih mudah dan lebih cepat untuk membuat backup. Selain mengatur file Anda, setidaknya setiap dua bulan Anda harus menghapus file yang tidak lagi diperlukan.

  • Menjaga lokasi program aplikasi
Setelah Anda menginstal suatu program aplikasi pada sistem Windows, jangan mengubah nama direktori program atau memindahkan file dari satu tempat ke tempat lain pada hard disk Anda. Jika Anda melakukannya, mungkin komputer Anda akan kehilangan jejak file kunci. Lebih baik jika Anda terpaksa harus mengubah lokasi program aplikasi, terlebih dahulu Anda harus uninstall dan kemudian instal ulang ditempat yang direncanakan.

Jangan pernah mencoba untuk secara manual menghapus aplikasi pada sistem Windows. Sebagian besar program aplikasi membuat file sistem tambahan ketika Anda menginstal mereka, sehingga sebaiknya aplikasi memiliki program uninstall sendiri. Jika aplikasi tidak menyediakan opsi uninstall, silakan gunakan [Add / Remove Programs dari Control Panel] misalnya pada Windows XP/Vista/7/8. Jika aplikasi uninstall melalui Windows XP/Vista/7/8 tidak dapat menghapus semua bagian aplikasi (karena memang kadang-kadang gagal), gunakan program uninstaller seperti Revo Uninstaller. Saya juga akan merekomendasikan menggunakan program Registry Cleaner seperti RegistryEasy atau CCleaner untuk pembersihan entri registri dan file sementara.

  • Meng-update driver
Software driver memudahkan aplikasi Anda berkomunikasi dengan periferal penting. Sangat saya sarankan untuk mengunjungi web produsen komputer Anda setidaknya empat kali setahun untuk update terbaru. Cara termudah untuk melakukan ini adalah untuk mengakses situs Web produsen; kebanyakan perusahaan biasanya membuat driver update tersedia untuk di-download. Anda harus menjaga komputer berbasis Windows tetap up to date melalui Layanan Windows Update. Untuk program lain, ada program freeware yaitu FileHippo Update Checker yang akan memeriksa update untuk Adobe Reader, Java, Quicktime, Flash, Real Player, dan banyak program lain.

  • Rutin membersihkan komputer
Debu bisa membuat chip di dalam komputer menjadi lebih panas dan juga menyumbat ventilasi pendingin. Setidaknya enam bulan sekali, bersihkan komputer Anda dari debu. Jangan mengusapnya dengan lap; gunakan pompa khusus atau aerosol tabung kompresi udara. Mouse dan keyboard Anda juga akan memerlukan pembersihan sesekali. Mengenai cara pembersihan mouse dan keyboard sudah pernah saya bahas pada artikel sebelumnya.

  • Shut Down komputer dengan benar
Baik Windows 95/98/ME/XP, Windows Vista, Windows 7, Win8 dan Mac OS semua menyediakan metode berupa menu untuk mematikan komputer Anda. Jangan mengabaikan metode ini. Mematikan listrik pada saat sistem operasi masih berjalan bisa menjadi bencana. Berikan waktu kepada sistem operasi anda untuk membereskan segala sesuatunya sebelum dia tidur.

0 komentar:

Post a Comment

Next Prev
▲Top▲